April 16, 2011

To Share : My first quater-life epistaxis


*Postingan pagi*
cass mimisan :D #pentingya

Gara2 insomnia kumat, and semalem baru tidur jam 3 pagian @_@ trus tetep aja kebangunnya mah jam 5 -_-" tapi heran, ga kek 2 hari sebelumnya which emang ga enak mulu tiap bangun, brasa dimasukin angin mulu n enek n mual n pusing. I felt this super dizziness on behalf of my scull, tapi itu emang gitu kok kalu gwe masuk angin. N lagian it makes sense dengan cuaca nowadays and beberapa minggu lalu gwe juga kena flu2an gituh and also i'm on my period. Trus tadi pagi, si masuk angin udah totally sembuh, pas mata melek... nyalain TV trus ujug2 brasa ada cairan keluar dari idung, gwe kira ingus encer biasa eh ga taunya.... darah *jeng jeng* *laguserem* :D Halah!

Sebelum melebar kebantal gwe n menodai seluruh seprei.... ya ditisuin lah itu idung, but ga mo berenti bo!! kinda panik, but anyway, i felt cool juga hehehe :D lha yang terbersit si sam winchester whenever he uses his psychic ability mesti dia mimisan :D eh jadi pen ngaca.... ternyata... damn i'm awesome *stress*. Tapi ya se-aswesome apapun tetep aja panik ini darah ga brenti2 sampe sebanyak tisu abis, akhirnya alhamdulillah berenti juga.


Well it happened to be my first mimisan atau epistaxis in my quater-life :) jadilah tadi brosing2 ttg si mimisan, ga lucu juga kalu ternyata ada apa2 since yang gwe tau mimisan yang terjadi gitu aja (bukan karena ditonjok di idung or karena exorcise the demon) itu umumnya terjadi pada anak kecil. N Here is some  info i got :)

Menurut wikipedia

"Hidung berdarah (Kedokteran: epistaksis atau Inggris: epistaxis) atau mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung.
Ada dua tipe pendarahan pada hidung:

  • Tipe anterior (bagian depan). Merupakan tipe yang biasa terjadi.
  • Tipe posterior (bagian belakang).
Dalam kasus tertentu, darah dapat berasal dari sinus dan mata. Selain itu pendarahan yang terjadi dapat masuk ke saluran pencernaan dan dapat mengakibatkan muntah."

While menurut Dr Micky :
Mimisan dapat dikategorikan ke dalam 2 jenis : 

epistaxis
1.Mimisan Ringan..
Mimisan ringan bersumber dari bagian anterior atau dari bagian depan rongga hidung saja. Pasalnya di bagian itulah banyak pembuluh darah bertemu. Pada umumnya ini terjadi pada anak yang sering mengalami pilek dan pembuluh darahnya tipis, kekurangan vitamin C dn kalsium, meghadapi perubahan cuaca, teriritasi gas yang merangsang, atau kemasukan benda - benda asing yang dapat menimbulkan luka dan berbau.

1.Mimisan Berat..
Yang harus lebih diwaspadai kalau sumber berasal dari dalam atau posterior karena bisa jadi merupakan indikasi suatu penyakit serius seperti demam berdarah, tekanan darah tinggi, tumor ganas pada rongga hidung atau nasofaring, kanker darah (leukemia), atau kelainan darah hemofilia (tidak memiliki zat pembeku faktor VIII), penyakit kardiovaskuler, dll.

Pada umumnya kejadian perdarahan posterior lebih sering (setiap 1 - 2 hari) dengan perdarahan lebih banyak sehingga lebih sulit diatasi. Perdarahan posterior kebanyakan terjadi pada para orang dewasa walaupun tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa mengalaminya, khususnya kalau terjadi infeksi, demam berdarah, atau leukemia. "Kalau darah keluar sampai berhari-hari sebanyak sekitar 1 - 2 lt, harus segera diatasi, jangan sampai terjadi kekurangan darah (anemia) atau yang lebih parah terjadi shock (turunnya tekanan darah secara mendadak yang diikuti pingsan)."


Nah, setelah ditelaah of what i'd experienced, keknya cuman mimisan ringan deh :) since gwe emang abis pile, trus perubahan cuaca yang emang rada geje plus emang kondisi badan ga enak *lho :D Lagian ga sering juga, baru tadi :) ga sampe pingsan juga.... tapi mau ga mau, mimisan banyak pas lagi menstruasi banyak2nya rada bikin pusing. 

N here is how to deal with the mimisan kalu terjadi (dari mba wiki juga dapetnya) : 
  1. Aliran darah akan berhenti setelah darah berhasil dibekukan dalam proses pembekuan darah. Sebuah opini medis mengatakan bahwa ketika pendarahan terjadi, lebih baik jika posisi kepala dimiringkan ke depan (posisi duduk)untuk mengalirkan darah dan mencegahnya masuk ke kerongkongan dan lambung.
  2. Pertolongan pertama jika terjadi mimisan adalah dengan memencet hidung bagian depan selama tiga menit. Selama pemencetan sebaiknya bernafas melalui mulut. Perdarahan ringan biasanya akan berhenti dengan cara ini. Lakukan hal yang sama jika terjadi perdarahan berulang, jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter untuk bantuan.
  3. Untuk pendarahan hidung yang kronis yang disebabkan keringnya mukosa hidung, biasanya dicegah dengan menyemprotkan salin pada hidung hingga tiga kali sehari.
  4. Jika disebabkan tekanan, dapat digunakan kompres es untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi). Jika masih tidak berhasil, dapat digunakan tampon hidung. Tampon hidung dapat menghentikan pendarahan dan media ini dipasang 1-3 hari.
  5. Kematian akibat pendarahan hidung adalah sesuatu yang jarang. Namun, jika disebabkan kerusakan pada arteri maksillaris dapat mengakibatkan pendarahan hebat melalui hidung dan sulit untuk disembuhkan. Tindakan pemberian tekanan, vasokonstriktor kurang efektif. Dimungkinkan penyembuhan struktur arteri maksillaris (yang dapat merusak saraf wajah) adalah solusi satu-satunya.
Well sedikit info kesehatan yang orang yang bukan pakar kesehatan :) Hoo hal utama yang dilakukan kalu mimisan : JANGAN NGERASA TERNYATA PUNYA PSYCHIC POWER N THINK YOU COULD EXORCISE SOME DEMON! hehehe :D

Have a healthy weekend people :)

3 comments:

chocky at: April 16, 2011 at 1:30 PM said...

jangan2 darah yg dibawah ranjang itu darah mimisan tapi kau g sadar ngesot2 malemnya... hahahah.... #dibahas

baca postingan ini jadi inget 2 hal :
1. insomnia terparahku sampe jam 5 pagi, bangun jam setengah 7 rasanya uda kaya zombie kali ya...
2. dulu dari idung pernah keluar darah banyak gara2 nabrak pintu kamar di rumah.... *konyol banget g sih* rasanya serem aja liat gituan di depan mata...

anggriawan at: April 16, 2011 at 3:56 PM said...

Waktu baca judulnya "quarter-life epistaxis", kirain mau bahas semacam quarter-life crisis. Eh, ternyata soal mimisan toh :p Btw, tampon hidung itu gampang ditemui di apotek kah?

elly at: April 18, 2011 at 7:45 AM said...

@chocky : tapi harusna lebih banyak dari itu becak darahnya cok.. *keukeuh, ih belom pernah mimisan gara2 kecelakaan... keknya keren ya.. #astagfirullah

@anggri : hehehe :D udah pernah dibahas dikit kok si qlc :D tampon idung? emang beneran ada ya? yang kebayang soalnya ya tampon biasa buat haid yang dipake di bend it like beckham :D

Post a Comment