April 5, 2013

Travel Document : More about Applying Schengen Visa in Netherland Embassy



Postingan kali ini isinya serba-serbi tentang kiat khusus biar chance Visa shcengen kita approved ^^. 
Taken from my personal feeling tiap baca postingan orang about how to apply visa, gwe suka masih banyak tanya, pen tau ini itu, just to make sure, so i'd be less panicking hehehe :D

So, here's what i frequently asked tiap kali baca postingan cara apply visa :

  • Pertimbangan apa aja yang bikin kita apply di kedutaan Belanda?
Pertama, kalo tiket pesawat kita masuk negara schengen lewat belanda dan di lembar perjalanan (Itinerary). Kedua, kalau tiket masuk kita ga dari Belanda, bikin di itinerary kalau belanda adalah tempat kita stay paling lama. 

  • Lembar perjalanan itu harus sesuai dengan trip kita nanti ga?
Harusnya sih gituh heheeh :p cuman kalo gwe kemaren, gwe bikin di itinerary ke tiga negara : Belanda, Belgia dan Prancis. dan di itinerary gwe bikin kalo plan gwe di Belanda lebih banyak dari pada di negara lainnya. Yang otomatis si bookingan penginapan juga gwe bikin seakan-akan gwe nge trip sesuai itinerary (Lembar Perjalanan).

Lembar perjalanan ini bisa minta di kedutaan nanti ;)

contoh lembar perjalanan

  • Booking Penginapan gimana caranya? kalo direject ntar angus dunk 
Temans, saya perkenalkan  www.booking.com. Iya harga di situ emang lebih mahal dari pada hostelbookers ato hostelworld, tapi lebih terpercaya karena kesannya untuk turis kere, ga kere-kere banget :p.

Biar ga angus gimana? Carilah hostel/Hotel/Bed and Breakfast yang ada tulisannya "Free Cancelation" tapi yang pake jaminan CC, again ini mah opini pribadi gwe biar legalitasnya lebih kece :p

Things to consider : mentang2 bisa dibatalin n ga kena charge, jangan asal juga milih yang mahal gilak biar keliatan mampu. Kenapa gituh? Yaaa masa iya penginapannya 2000 USD semalem tapi isi tabungan cuman 22juta -_-". 

Kemarin gwe bookingnya juga yang cuman 300rebuan semalem, campur2! di Belanda cari yang hostel, di belgia cari yang bed & breakfast while di paris, tulisannya sih hotel tapi tetep cuman 500rebuan semalem.

  • Waktu ideal buat bikin visa kapan sih?
Paling cepet 3 bulan sebelum plan berangkat (tanggal di ticket booking) dan paling lambat 1 bulan sebelum lah. Bisa aja sih 2 minggu sebelum berangkat, since si kedutaan Belanda prosesnya cuman sehari. Tapi ini lebih baik sih ikutin waktu ideal biar ga cepet kena serangan jantung.

  • Gw mau bikin janji sama kedutaan Belanda online, kok penuh mulu sih!, kapan waktu yang tepat buat nyari slot kosong?
Biasanya kalo udah masuk april atau september emang rada banyak, since itu waktu dimana yang beasiswa ke sana pada apply visa, biasanya sih slot buat hari berikutnya muncul abis jam 7 malem, coba aja deh refresh di jam-jam abis magrib.


itu tiap abis magrib coba perhatiin deh, slot satu tanggal baru muncul ;)

  • Isi form aplikasi visa diketik di PDF apa tulisan tangan?
Tulisan tangan aja deh. hehehe :p since kemarin gwe ga pernah nemu orang yang ngisi bentuknya ketikan/print-printan (isi di pdf filenya). Ini contoh form aplikasi yang gwe isi kemarin (data disamarkan) , click di gambar buat gambar gedenya ;)





  • Bukti print-printan Tiket PP itu yang udah kebayar apa boleh bookingan tiket doank dari travel?
Yang bookingan dari travel boleh kok, untuk menghindari kali aja visa ga diapprove *again,amit-amit!*. Caranya? Ke travel agent aja trus minta cariin tiket ke belanda/negara schengen, ga pake bayar kok.

  • Print buku tabungan 3 bulan terakhir itu terhitungnya mulai dari kapan sampai H-brapa dari janji di kedutaan sih?
Kemarin gwe apply visa tanggal 2 april 2013, buku tabungan gwe print dari tanggal 1 januari sampai 26 maret 2013.

  • Jumlah rekening yang ada di tabungan berapa kira-kira yang ideal?
Well kalo ikut aturan di web kedutaan Belanda sih sebenernya 34 euro X lama hari di sana. Tapi ada baiknya dilebihin biar keliatan mampu dan ada dana cadangan "siluman" kalo-kalo ada apa-apa di sana. Gwe plan di sana 10 hari. Kalo ikut aturan di web kedutaan Belanda, harusnya saldo gwe minimal ada 34 x 10 x 13000 (anggap 1 euro = 13000 IDR) = 4.420.000 IDR. Trus dana cadangan yang ideal nya berapa? 

Gwe punya asumsi or formula sendiri, baiknya si jumlah tabungan minimal di atas (4.420.000) dikali 2 + harga tiket pulang + harga total booked hotel. 

Kemarin gwe ga ngitung pake formula gwe sendiri sih, kmaren saldo yang ada ditabungan 22 juta. See, ga sebanyak yang diramalkan orang-orang.

  • Kalo di tabungan ga punya duit sebanyak itu gimana? 
Cari temen yang duitnya ga bakal dipake selama 3 bulan itu. Usahain selama 3 bulan jangan ada jumlah uang masuk yang lebih besar dari jumlah gaji yang masuk ke rekening. Oh iya, usahain so rekening yang dipake rekening transferan gaji. Intinya sih biar keliatan finansial kita stabil.

  • Gwe bukan pekerja kantoran nih, pengganti surat keterangan bekerjanya pake apa donk? Ga punya slip gaji juga, gimana donk?
Kalau liat di web kedutaan sih, kalau kalian pengusaha/wirausaha bisa minta surat keterangan izin usaha perdagangan. Untuk jelasnya bisa dilihat di sini .

  • Print-print an buku tabungannya harus dari bank apa cukup ngeprint sendiri aja dari E-Banking?
Kalau gwe kemarin kebetulan minta diprint di bank, karena ada stempelnya yang menurut gwe legalitasnya lebih kuat dibanding ngeprint sendiri. Untuk jaga-jaga aja sih mendingan nyetak ke Bank. Di CIMB Niaga sehari jadi kok, cukup bawa buku rekening sama KTP. Biaya cetak perlembar 17.500 yang nanti bisa didebet dari rekening.

*pengalaman temennya temen gwe yang apply visa jepang pake print-print-an dari Ebanking, dia mau. Gwe juga ga tau kebijakan tiap kedutaan beda apa engga.

  • Asuransi perjalanan bisa dibeli dimana? Itu gimana ngurusnya?
Kemarin gwe pake asuransi AXA Schengen. Gampang banget!. Beli online di sini . Karena trip gwe besok cuman bentar ( 10 hari), gwe pake yang schengen low cost. Asuransi axa ini salah satu asuransi yang dipercaya sama kedutaan-kedutaan negara schengen (ya iyalah!). Beli online pake kartu kredit. 
Kalau ga punya kartu kredit?? Bisa nebeng di temen. Nanti yang subscribe si temen yang punya kartu kreditnya, while data yang diasuransikan baru data kamu. 

Yang dilampirin ke kedutaan yang ini : 

ini yang disertain

  • Itu syarat-syarat fotonya kok ribet sih, foto dimana ya yang bisa bikin kayak gitu?
Hmmm kemarin gwe karena udah tau di kedutaan ada tukang foto khusus, maka gwe daripada ribet ya foto di sana aja. Rada mahal sih 50000 IDR dapet 4 foto. Tapi udah dijamin sesuai  kriteria kok.

  • Itu semua formulir dimasukin ke map apa gimana sih?
Yaa kalau dari rumah di map in lah ya. Tapi pas ke loket nanti diserahin tanpa map kok. Make sure aja urutannya sesuai  resume dokumen apa aja yang dikumpulin dari yang di postingan cara apply visa schengen 

  • Kedutaan belanda itu belah mana yak? 
Coba search di gmaps ya, depan kedutaan India kok :)

Address
Jalan HR Rasuna Said Kav.S-3
Jakarta 12950
Indonesia
Indonesia
Phone
(+62) 21-5248200
Fax(+62) 21 5200734


Well sekian, semoga bisa membantu kalian-kalian pencari cap2an di paspor ;) Good luck. Oh satu lagi : Berdoa! 

99 comments:

Alid Abdul at: April 20, 2013 at 8:40 PM said...

Oke dicateeeeeettttt, nanti klo ke Belanda gue kesini lagi hahaha. I know where to find you for asking hahahah

Wiratno at: June 7, 2013 at 12:51 PM said...

nice share, thank's..

ahmad at: June 9, 2013 at 7:00 PM said...

makasih sangat berguna sekali infonya..salam kenal ya :) oiya kebetulan saya juga mau apply visa belanda..waktu apply apakah booking ticket kita antar negara schengen yang akan kita kunjungin juga disertakan? ( selain bukti booking ticket jkt-ams-jkt? ) thanks ya

elly kusnadi at: June 10, 2013 at 8:54 AM said...

@wiratno : Sama-sama ^^

@Ahmad : Salam kenal balik ^^ thank you udah mampir. Booking tiket antar negara ga pake dilampirin kok,Booking penginapan (kalo nginep di penginapan) doank yang disertakan selama di negara2 schengen yang dikunjungi. ^^ Senang bisa membantu :)

ahmad at: June 10, 2013 at 11:22 PM said...

Satu lagi nih mba Elly, bener gak sih kalo kita booking penginepan disana pake booking.com ( yang bisa free cancelation ) gitu ditolak ama pihak embasssy? Apakah harus yang ada dp nya? karena saya udah terlanjur bookin pake booking.com yang free cancelation ( pake cc juga sih :) thanks ya

elly kusnadi at: June 11, 2013 at 10:05 AM said...

@ahmad : Ga kok, aku kemarin dari booking.com kok yang free cancelation dan ada masukin No CC buat jaminan ga papa :D semangaatt n Good luck :)

Ahmad at: June 11, 2013 at 10:43 AM said...

oh ok ok mantap GAMBATE !! makasih yaaa :)

Anonymous at: June 14, 2013 at 9:50 AM said...

Ga bisa booking online dari tanggal 12 Juni dan ga tau sampai kapan,
Ada saran or petunjuk or informasi lain?

elly kusnadi at: June 14, 2013 at 10:31 AM said...

@anonymous :
baru liat web kedutaannya, ada some sort of technical problem tampaknya, coba cek http://indonesia-in.nlembassy.org/news/2013/06/geen-afspraken.html

Kalo butuh banget n mepet dari tanggal keberangkatan, bisa coba rearrange "itinerary" buat apply di kedutaan lain, misal jerman (bikin "itinerary" yg memperlihatkan kalo tujuan utama kamu, jerman (booking hotel paling lama di german)), it's still be okay to apply in germany embassy though your booking ticket is to Netherland, as long as you can explain that In Germany you'll spend most of your time. ^^

Ato mungkin bisa telpon ke kedutaan belanda dan tanya lebih lanjut kenapa kok bisa ga ada apply visa :)

Ahmad at: July 4, 2013 at 9:23 PM said...

Mba elly alhamdulillah visaku approved :) nah sekarang tanya lagi hehehe...sewaktu diimigrasi belanda apakah petugasnya juga menanyakan detail kunjungan kita dan sampai ke uang saku kita juga? thanks

Sri Infelik Indarwati at: December 19, 2013 at 8:52 PM said...

Singkat, padat, jelas. Thanks... hbs bc tulisan mbak Elly skrg jd PD mo pergi Holland. Jujur msh ragu ma brp jumlah tabungan yg mesti Kt punya. Tp skrg plong :).. I'll try. Groetjes

elly kusnadi at: December 20, 2013 at 10:08 PM said...

Halo sri..

Harus pedeee :) dunia tidak seseram yang kita bayangkan kok #halah.

Senang bisa sharing dan tulisannya berguna ternyata :") aku terharu. Mudah2an bisa bikin yg lainnya pede juga ke holland. Semangaaat sri :)
Yg bkin minder itu sebenernya jasa agen2 itu lohh yg suka matok jml rekening ga kira kira hehehhe.

Try Surya at: December 23, 2013 at 11:16 AM said...

Gan punya softfile visa yang agan share ga ? ane perlu ni, kalo ada krim ke email ane aja ya .. Ini alamat email ane trysurya08@gmail.com
thanks sebelumnya gan

riska caroline at: March 19, 2014 at 9:46 AM said...

mbak Elly,

aku lagi nyari info untuk apply visa di kedubes belanda, karena tujuan holiday saya ke belanda.
beberapa doc saya udah lengkap tapi agak bingung dengan asuransi perjalanan.
aku mau nanya,, kalo untuk asuransi perjalanan, apa kita harus membeli sebelum apply visa or kita print out aja sebagai bukti kita akan menggunakan jasa asuransi (example: AXA insurance.)..

sedikit info jadwal keberangkatan ku tgl 8 mei 2014 tapi sampai saat ini booking online penuh sampai akhir maret 2014..
apa ada change untuk dapat jadwal interview gak ya!!!!

Thanks atas waktunya...
Bedanke..

Opies Palam at: March 19, 2014 at 4:19 PM said...

untuk asuransi perjalanan brp lama buatnya? sertifikat yang asli lama pengirimannya brp hari? mksh atas jawabannya

elly kusnadi at: March 20, 2014 at 10:22 AM said...

@riska :

Di point di atas ada dimana kita bs beli asuransi perjalanan.. aku kmren beli online di axa.. dan emang bukti print2an itu yg dibawa :). Maksudnya print out sama beli itu gimana? Saya kurang paham.

Kemarin beli online.. masukin jenisnua apa berdasarkan lama perjalanan.. nanti keluar jenis asuransi yg pas trus bayar pake cc.. udah nanti diemail si dokumen asuransinya.. dan itu aku print trus dibawa ke kedutaan.

Coba refresh web kedutaan untuk booking online setiap sehabis jam 7 malem deh.. biasanya slot satu hari barunya muncul. Dont give up. Bisa juga telpon coba... mei? Masih ada awal april to applt kok :) hayoo tiap hari dibuka webnya... :)

Semangatt :)

Ananda Dyastiawan at: April 3, 2014 at 2:17 PM said...

Hai, mau tanya nih. kalo dapet invitation letter tapi gak di biayain pengundang, cuma numpang nginep aja, jalan jalan biaya pribadi, itu harus nyerahin bukti rek pengundang gak? atau bukti rekening sendiri aja?
oiya satu lagi, saya mahasiswa belum kerja, pake bukti rek ortu gak? soalnya mau pake biaya sendiri hasil nabung hehe. Thank youuu

elly kusnadi at: April 3, 2014 at 2:30 PM said...

Setau saya selain invitation letter, yg mengundang juga butuh menherahkan bukti keadaan keuangan nya.. seperti slip gaji/rekeningnya dan paspor/id nya.
Walaupun di application form nanti ada pilihan dana dr siapa.

Kalau mahasiswa atau belum punya penghasilan bisa pake rek ortu dan sertakan kartu keluarga kalau saya tidak salah ingat.

Saran saya sih kalau mau ringkes mending tetep ngelampirin bukti booking penginapan saja dibanding merepotkan yg mengundang. Saya pernah baca artikel si pengundang harus membeli surat undangannya di balaikota setempat.

Semoga membantu :)

Yohana Diah at: April 18, 2014 at 10:30 AM said...

Mau kasih masukan, soal travel insurance, kemaren yg gue pake : https://www.insubuy.com/liaison-continent/ cuma 20 dolar untuk 20 hari..

terus kalo soal invitation letter, kalo kita bisa provide evidence kalo kt mampu secara finansial (bank statement, etc) yg ngundang cuma butuh nyertain paspor aja + legalisir invitation letternya di municipality setempat ^_^

Jenny at: April 23, 2014 at 4:39 PM said...

Kalo sponsor yg biayai slama sy di blanda apa perlu fc rek saya juga?

elly kusnadi at: April 24, 2014 at 8:30 PM said...

Halo jenny,

Kalau lihat di Web Kedutaan belanda sih masih perlu untuk amannya jen :)

Anonymous at: April 26, 2014 at 3:08 PM said...

Heyaaa..nice share!!!
Saya sbnrnya mau me Greece, tapi rumornya klo pengurusan visa mll belanda waaayyy lebih mudah,murah Dan cepat
Jadi saya rencananya akan apply let Belanda, reserve ticket non pre paid Dan juga hotel dgn itinerary belanda, France, Italy
Tapi nanti realnya sy pake untuk Greece

Nahh..ngefek ga si..do they really check the stamp tiap pindah negara yg d kunjungi nantinya dsana?

Danke!

elly kusnadi at: April 28, 2014 at 9:17 AM said...

Hi Ano,

ga ngefek blas :D no need to check the stamp tiap kali pindah negara... huks, jadi cap2an di paspor cuma belanda doank huks :D kalo udah berhasil lewat imigrasi belanda, udah beres kok ;)

cuma kalo ke swiss, karena mereka baru join schengen dan keliatan juga dari mata uangnya belom pake euro, jadi pas keluar swiss ada pemeriksaan paspor, waktu itu saya pake bis :D

goodluck :D

Jenny at: May 2, 2014 at 5:20 PM said...

Ka elly, ak mau tanya soal fiskal? Apa bener ya kalo fiskal ke luar negeri itu skrg gratis? Kalo g, misalnya untuk mahasiswa 21thn boleh kan pake npwp+kk ortu?

elly kusnadi at: May 4, 2014 at 10:50 AM said...

Jenny : ga pake kok jen.. udah lama ga pake fiskal.. cuma butuh vusa san passport aja.. easy peasy ;)

jenny at: May 6, 2014 at 4:02 PM said...

thx kak ,maaf ya kak ak mau tanya lagi kak, jadi ak ngurus surat pengantar dari kampus, tp ribet banget, katanya mereka g ngerti. jadi kalau ak minta surat dari kampus yang hanya menyatakan ak mahasiswa di kampus tersebut gapapa kan? tanpa mencantumkan berapa lama ak bepergian?

jenny at: May 6, 2014 at 4:04 PM said...

sorry kak lupa, ada satu pertanyaan lagi hehehe jgn bosen dijawb ya kak, besok ak wawancara nih kak di kedubes belanda, nah di kartu keluarga ak itu namaku kurang satu huruf, beda dengan akte dan paspor, apa ini bakal bikin visaku ditolak?

elly kusnadi at: May 6, 2014 at 4:09 PM said...

Halo jenny,

Kayaknya cukup sih jen.. mereka cuma butuh pernyataan kalau kamu akan kembali ke indonesia. Kampus kamu cukup menyataka kalau kamu tercatat sebagai mahasiswa dan masih harus kembali untuk lanjut studi =))

sianne intania at: May 6, 2014 at 8:13 PM said...

hai elly, klo misalkan kita ud dapet slot kosong kita harus isi apa aja ya ? soalny pake agen travel buat bikin visany dr 3 minggu kmrn ga dpt :'( padahal rencana pergi tanggal 23 Mei ini T___T

dicky setiarman at: May 7, 2014 at 1:26 AM said...

Mantab bener2 bs d buat acuan
Makasie bu

elly kusnadi at: May 7, 2014 at 9:10 AM said...

Hi sienna,

Waduh... kok sedih. Kalo ush dpt slot interview di kedutaan, tinggal pergi bawa semua dokumen yg dipersyaratkan na, asal semua dokumen kami lengkap... insya Allah approved kok.
Masih ada waktu 2 minggu sebelum flight plannya :)

Makasih dicky... senang bs membantu :)

Jenny at: May 7, 2014 at 3:11 PM said...

Ka elly, ak bru aja pulang dri kedutaan, td ada brkas yg kurang tp boleh dilengkapi , jadi setelah dilengkapi aku disuruh fingerprint dan bayar, trs balik lagi besok jam 3 , apa itu berarti udh pasti dpt visa?

elly kusnadi at: May 7, 2014 at 3:40 PM said...

Berarti besok keputusannya jenny... hari inI jg ada yg ke kedutaan dan visanya diapprove.. dia kumpul berkasnya kemarin :)

Masih ada kemungkinan juga untuk direject.. tapi kalau dr proses tadi lancar2 aja.. mari kita berdoaaa :)

Goodluck jenny.. selamat deg2an :))

Jenny at: May 7, 2014 at 6:55 PM said...

Yah kak ak pikir udh pasti :( ak takut direject kak soalnya td petugasnya rada gimanaa gt :( ternyata sesudah fingerprint-pun ak blm bisa tenang :'( hahahaah

elly kusnadi at: May 7, 2014 at 7:18 PM said...

Mudah2an ajaa dapet jen.. loh emang kenapa petugasnya?

Hayo semangat... asal pas interview jawabnya pede dan meyakinkan ples dokumenmu lengkap.. insya Allah aman jen :)

Jenny at: May 7, 2014 at 7:30 PM said...

yg pertama petugasnya baik, yg nyuruh ak lengkapin kak. Tp yg kedua galak bgt, jd sih dia nanya hubungan pengundang sama papa, which is adik kandung papa, tp krn kk kluarga yg tua itu udh ilang dan yg baru sudah g cantumin nama papaku dan tanteku jd ak disuruh pake akte tante, udh ak sertain tp yg penjaga loket yg kedua ini blg "kamu ga bawa akte papa" . Trs ak blg ,"ga bu , soalnya tadi cuma disuruh akte/kk pengundang" trs dia sempet tanya ke loket disampingnya dan ngomong2 gt akhirnya dia lingkerin akte dan kk yg ada nama papa dan tanteku trs dia blg,"ok kita coba deh ya" gt :( takut bgt kak lol

elly kusnadi at: May 7, 2014 at 8:03 PM said...

Ahahahah besok bawa akte papa aja.. ato sekalian
Bawa papa nya sekalian hehehhe.. hoalah paman... bismillah jen ;)

Jenny at: May 7, 2014 at 8:25 PM said...

Lha tadi papaku ampe dtg kak, tp karna dia g bilang apa2 yasudah g ak panggil papaku hahahaa, emg g ada gt kak tanda2 visa kita bakal di approve atau g gt? Ak nervous abis asli lol kan kayak post yg kakak bikin katanya kalo foto, pasport dan surat untuk ngambil pasport dikasih katanya udh "tanda2 visa akan diapproved" bener y kak?

elly kusnadi at: May 7, 2014 at 10:51 PM said...

Iya itu teoriku sih jen hehehe.. kalo pas paspor dikasih kamu juga dikasih pamflet how to read your visa.. kemungkinan diapprove :) soalnya kalo direject.. ngapain dikasih panduan cara baca visa.. make sense eh? :))

Semangaaatt.. besok semoga kabar baik :)

Metta Sarry at: May 9, 2014 at 10:52 AM said...

kak elly maaf mau nanya dong, caranya bikin janji online sama kedutaan belanda gmn si? kok selalu penuh ya? aku udah coba juga jam 6 sore tp belom ada yg ijo jg T_T, terus barusan aku telfn ke kedutaan biasanya mereka buka 2minggu berjalan, tu maksudnya gmn si kak? trus katanya bilang tanggal 23 mei, maksudnya aku suruh daftar tanggal 23 mei apa gimana ya kak?

Jenny at: May 12, 2014 at 11:15 PM said...

Makasih y kak, ak udh dpt visaku untuk 3 bln dan multiple entry :)

elly kusnadi at: May 13, 2014 at 5:14 AM said...

@meta : maaf br respon. Biasanya coba deh tiap harI abis magrib refresh2 sukaa kebuka 1 slot hari di akhir. Goodluck metta :)

@jenny : horeeee... makan2.. :)) happy holiday then ;) see ga se horror yg dibayangin.. :D

Metta Sarry at: May 21, 2014 at 6:43 PM said...

huaaaa, kak elly mau nanya lagi dong gimana si cara nyiasatin biar bisa daftar online? aku selalu keduluan mulu kalo mau daftar, skalinya udah bisa ngeklik slot ijo trus ngisi kode eh tiba2 slot busy. takut deh kalo g bs bkin janji, padahal ud booking tiket tanggal 15 juli. thankyou kak..

elly kusnadi at: May 21, 2014 at 7:03 PM said...

Halo metty,

Yg nongkrongin tiap jam 7 malem udah dicoba? Waktu itu sih saya gitu.. itu juga dulu dikasih tips dr blogger lain.. dan bener tiap jam 7 malem dia tambah slot.. plus.. make sure internet connection kamu ga geje :))

Happy bookingggg =))

Metta Sarry at: May 21, 2014 at 8:16 PM said...

oh gitru, yah telat deh kalo gitu aku nya. co ba besok aku coba lagi tongkrongin yang jam 7 kak. thankyou ya kak informasinya..

Nova Amalia at: May 24, 2014 at 11:53 AM said...

Haloo Mba Elly,

Saya baru dapat visa belanda, hanya di bagian remarks itu ada kodenya sih. Waktu di itinerary perjalanan aku hanya ngisi ke belanda aja, ga ke negara schengen lainnya. Apa itu kode maksudnya aku ga bs ke negara lain ya? In case tiba2 mau mampir ke belgia / german gt.
Thanks in advance ya mba ;)

erik at: June 1, 2014 at 7:21 PM said...

mksh bngt buat infonya ya? by the way aku mau nnyain klo misal apply visa kan persyaratannya ada print buku tabungn misalnya klo kita ngk punya buku tbngn gimna dong?apa yng dijdikn pnggntinya? thanks

erik at: June 1, 2014 at 7:40 PM said...

elly mau nnyain lgi ni? klo ke denmark persyaratan nya yng lengkap apa aja sih soal nya mau aplly visa bsok cumen tktnya ngk lngkap plisss give me answer ya he

ebi herlina at: June 1, 2014 at 11:13 PM said...

Slmt malam
Mau tanya, saya rencana ke jerman, trus yg undang saya itu tunangan saya, dia msh studi disana. Dokumen tambahan yg perlu saya lmpirkan apa aja ya? Lalu kalau dia sudah kerja part time,dokumen tambahannya apa saja?

Thanks yaa

elly kusnadi at: June 2, 2014 at 3:02 AM said...

Halo erik... kalau ada buku tabungan, bisa buku tabungan orang tua atau segala sesuatu dokumen perbankan yg membuktikan kita mampu punya uang untuk sumber dana kita selama di negara yg akan dikunjung. Dan slip gaji.

ema at: June 24, 2014 at 5:45 PM said...

terimakasih buat informasinya,sangat membantu

Divo Putra Utama at: August 8, 2014 at 1:44 PM said...

Hallo Mbak Elly, makasih ya udah mau share disini, sangat membantu, berkat trik dari anda saya bisa dapet slot buat bikin janji tanggal 21 Agustus nanti, saya mau tanya nih mbak, saya kan baru lulus kuliah, ijazah juga blom keluar, jadi istilahnya pengangguran, tapi ayah saya punya perusahaan dan ada nama saya sebagai komisaris, apakah itu bisa dijadikan sebagai status pekerjaan saya saat ini ?, terus nanti saya harus menyertakan Bukti Surat Izin Perusahaan, Akta Notaris dan sebagainya, nah dokument itu apa harus berbahasa Inggris ?, klo keterangan kerja sebagai komisaris sih saya udah buat dalam bahasa inggris, tapi untuk akta notaris dan izin yang lainnya apa harus bahasa inggris ?

Mohon infonya
Terima Kasih.

Hanny Ros at: February 23, 2015 at 11:00 PM said...

halo elly, waktu km apply visa ajuin berapa lama? dan dikasih visa nya berapa lama? katanya kalo kedutaan belanda dikasih 3 bulan ya, atau dikasih sesuai yg km ajuin? thanks

elly kusnadi at: February 25, 2015 at 7:01 PM said...

Halo hanny,

kemarin pas ngajuin cuma 6 jam kok, pagi appointment serahin berkas , bayar2.. jam 3 sore udah bisa diambil paspor bervisanya.

cuma di kedutaan belanda yang cepet han.

hmm... aku kemarin dikasih 30 hari sih. padahal itin ku cuma 8 hari. dikasih multiple entry pulak. walopun ga keluar2 schengen juga :))

Dila at: March 4, 2015 at 1:18 PM said...

Mba, mw tanya donk, untuk booking.com itu pada saat kita mw cancellation gimana caranya?g akan ngedebet kartu kredit kita kan?

elly kusnadi at: March 4, 2015 at 2:40 PM said...

@Dila : lihat property policynya dil. Kalo Free cancellation, biasanya dikasih waktu dari tangga brapa sampe brapa itu klo cancel, ga kena biaya. setiap property beda2 kebijakannya. Kartu Kredit kita ga akan kepotong apa2 kalo emg kita cancel sebelum tanggal yang ada di rentang free cancellation.

Tyas Pravitasari at: March 29, 2015 at 3:22 PM said...

Halo mba elyy... Mau nanya klo apply visa belanda apa tiket harus pp ke belanda? Soalnya rencana sy keluar dr paris, jd tiket yg sy lampirin jkt-belanda + paris-jkt. Gak masalah kan ya? Di bandara paris bakalan masalah ga yah pas mo balik k jkt.. Makasih banyak yaaa ^^

elly kusnadi at: March 30, 2015 at 7:44 AM said...

Ga masalah kok... dibikin aja itinerary di belanda seakan-akan paling lama dibanding di negara lain ;) ga harus tiket ke belanda asal ada bukti di belanda adalah tempt paling lama kamu akan menghabiskan waktu , bisa apply di kedutaan belanda.

As long as you have your valid passport & visa, menclak/menclok di negara schengen ga akan jadi masalah kok ;)

Febby Konevi at: April 9, 2015 at 12:40 PM said...

Maaf mba saya mau tanya2

karena saya ada masalah pada nama depan.

1. Saya sudah mengambil slot group 10 orang untuk tgl 16 April,tetapi nama depan saya salah memasukkan nama sedangkan nama belakang dan nomor passport sudah benar, saya mengisi nama depan dengan nama suami karena saya cek di google translete Voornamen namen artinya suami (karena waktu itu terburu2 ngambil slotnya jadi tidak teliti),jadi saya mengisinya dengan nama suami ,apakah nanti akan menjadi masalah pas datang ke kedutaanya??


Sebelumnya Terima kasih

Febby Konevi at: April 9, 2015 at 12:41 PM said...

Maaf mba saya mau tanya2

karena saya ada masalah pada nama depan.

1. Saya sudah mengambil slot group 10 orang untuk tgl 16 April,tetapi nama depan saya salah memasukkan nama sedangkan nama belakang dan nomor passport sudah benar, saya mengisi nama depan dengan nama suami karena saya cek di google translete Voornamen namen artinya suami (karena waktu itu terburu2 ngambil slotnya jadi tidak teliti),jadi saya mengisinya dengan nama suami ,apakah nanti akan menjadi masalah pas datang ke kedutaanya??


Sebelumnya Terima kasih

elly kusnadi at: April 13, 2015 at 7:22 AM said...

Halo Mba Feby,

Kalau untuk salah masukan data di booking system, saya rasa bukan masalah besar. :)

kokum at: April 18, 2015 at 7:42 AM said...

mbak...minta info mbak :)
lembar perjalanannya itu mbak bikin sendiri atau download? ada link nya mbak?
makasih mbak..

ary attory at: May 22, 2015 at 2:00 PM said...

Mbak...saya rencana mengunjungi bbrp negara schengen dengan wkt tinggal terlama di Jerman. Menurut info dari teman, apply visa melalui kedutaan jerman agak ribet maka saya memilih melalui kedutaan Belanda. Kira2 akan bermasalah gak dengan cara ini?! Trims infonya

elly kusnadi at: May 22, 2015 at 2:11 PM said...

Halo Ary,

Kalau dari referensi, prioritas no 1 adalah lama negara di schengen yg paling lama adalah di Belanda. Yang kedua apa bila jumlah lama stay di negara schengen yang akan dikunjungi adalah sama, maka yang diprioritaskan adalah pesawat masuk dan keluar adalah dari belanda.

Untuk prioritas no 1 , bisa dituliskan di form itinerary kalau itinerary anda menyatakan anda akan stay di Belanda paling lama, dibanding negara lainnya.

Jude Tondok at: July 5, 2015 at 9:47 PM said...

Hi Mbak Elly,

salam kenal. Saya berencana Eurotrip 18 Des 2015-3 Januari 2016 dan rencana akan mengajukan visa lewat kedutaan Belanda. Mohon pencerahannya tentang waktu pengajuan visa. Apakah benar-benar paling cepat 3 bulan sebelumnya which is 18 September? atau bisa lebih cepat dari itu let's say 10 September sudah booking untuk pengajuan visa?

Alasan rencana saya lebih cepat apply visa adalah untuk bisa punya waktu lebih lama untuk hunting ticket return yang affordable jika visa diapprove. Mohon pencerahannya ya mbak..

Terima kasih..

elly kusnadi at: July 5, 2015 at 11:20 PM said...

Halo jude,

Hmm.. setahu saya sih memang waktu paling lama adalah 3 bulan sebelum berangkat. Kalau semisal berangkat 18 dec.. sepertinya kalau hanya maju jadi 10 september, masih bs deh. Coba dibooking online aja dulu di web kedutaannya. kalau semisal ragu takut pas dtg di hari h trus ternyata disuruh pulang, baiknya telepon kedutaan saja dulu.

:) semoga membantu...di bulan agustus sering2 pantau alamat bookingan interviewnya... suka cepet terisi soalnya :)

Semoga membantu... happy traveling ^^

Anonymous at: August 15, 2015 at 9:09 AM said...

Mbak Elly,
Soal asuransi ak lihat di Axa schengen selain waktu perjalanan musti ditambah 15 hari lagi. Apa memang begitu? biaya jadi nambah euy..

ryanslf@qq.com

Hanggono Okamura Silitonga at: September 4, 2015 at 9:26 PM said...

gue uda last minutes banget neh mau apply, bulan depan..wmhahahaha

elly kusnadi at: September 4, 2015 at 10:16 PM said...

@ryan : waduh aku merhatiin. Kemarin aku pilih yg schengen low cost. Itupun rekomendasi dr axa nya setelah aku masukkin lama hari di sana. Cuma 300ribuan kok untuk coverage 33000 euro

@hanggono : goodluck to you! Have a nice trip :D

Ratty ArTy Chinta at: September 11, 2015 at 2:22 PM said...

Hey elly,, aku mau nanya dong, kalo aku gk punya tabungan bisa pke tabungan ortu? Trus cara buat Surat pernyataan gitu gimana yah ? Makasih

elly kusnadi at: September 14, 2015 at 9:04 AM said...

Hai ratri.. kalau masih kuliah boleh tri, dilengkapi kartu keluarga. Surat keterangan apakah yg dimaksud rat?

elly kusnadi at: September 14, 2015 at 9:04 AM said...

Hai ratri.. kalau masih kuliah boleh tri, dilengkapi kartu keluarga. Surat keterangan apakah yg dimaksud rat?

Unknown at: October 27, 2015 at 10:37 PM said...

Hai mau nanya dong
Di form schengen itu ada pertanyaan "dalam 3 tahun terakhir sudah pernah ada visa schengen tidak"
Ada sih tapi di paspor lama dan lupa tanggalnya ya
Ada pencerahan ga?hehe

Matius Roland Santoso at: October 27, 2015 at 10:39 PM said...

Hai mau nanya dong
Di form schengen itu ada pertanyaan "dalam 3 tahun terakhir sudah pernah ada visa schengen tidak"
Ada sih tapi di paspor lama dan lupa tanggalnya ya
Ada pencerahan ga?hehe

Garin Nugroho at: November 16, 2015 at 3:26 AM said...

Permisi mbak, itu pengisian alamat hotelnya kalau di formulir schengen semua alamat hotel, atau hotel yang ada di belanda saja mbak ? Terima kasih

elly kusnadi at: November 16, 2015 at 5:26 AM said...

Halo garin, kmarin aku tulis yg di belanda aja. Tp tetep bawa print2an bookingan di tempat lain.

elly kusnadi at: November 16, 2015 at 5:27 AM said...

Halo garin, kmarin aku tulis yg di belanda aja. Tp tetep bawa print2an bookingan di tempat lain.

nurul yunita lestari at: December 15, 2015 at 10:27 PM said...

Mba elly mau tanya,saya mau ambil slot antrian di embassy tool, karena slot untuk desember sudah merah semua, jadi saya pilih slot antrian di bulan januari yg masih hijau. Saya pilih slot tgl 4 januari. Nah kenapa ya setelah saya isi form yg diberikan (nama, tgl lahir, no.passport, almt email dll), selalu gagal di pengisian travel start date? Setelah saya klik save button, di pengisian travel start date selalu saja muncul 'the travel date are invalid' ?

elly kusnadi at: December 15, 2015 at 10:32 PM said...

Hai nurul.. jarak antara apply visa dan keberangkatan brapa lama rul? Maks 3 bulan... kalau sudah valid isinya.. mungkin ada bugs di web nya. Nurul bs coba telpon ke kedutaan untuk report.

nurul yunita lestari at: December 16, 2015 at 8:58 AM said...

wah mba elly tanggapannya cepat sekali ya,hehe..
saya rencana berangkat tgl 3 mei 2016 mba, berarti ambil slot antrian paling lama seharusnya tgl 3 februari ya?
Kebetulan akhir minggu ini saya mau ke bali, kalo saya apply visa di konsulat belanda di kuta kira2 bisa tidak ya (mengingat ktp saya domisili bandung, pertimbangan lain adalah kalo apply visa di konsulat tidak usah ambil slot antrian)?

elly kusnadi at: December 16, 2015 at 9:04 AM said...

Halo Nurul,

Iya, ada notif di email soalnya rul hehehe :D Kalau berangkat tanggal 3 mei, berarti coba masukin jadwal tgl 3 februari rul.

apply bisa di kuta bisa kok, tapi kayaknya tetep maksimal tgl 3 februari deh rul :D

nurul yunita lestari at: December 16, 2015 at 7:10 PM said...

Oke deh mba makasih ya, informasinya amat sangat membantu. Sukses ya buat mba elly, ditunggu postingan travelling terbarunya :)

Galuh Narulita at: January 5, 2016 at 7:59 AM said...

hai, salam kenal, makasih banget buat contoh screenshotnya, sangat membantu
cuma ada satu nih yg masih bingung
bagian no 22. Member State(s) of destination
kalo tujuanku banyak negara itu diisi apa ya?? diisi belanda aaja atau gmn? soalnya kalo kuisi semua negara yg bakal ku datengi kolomnya jd gak cukup
eh maksudnya krn ini form nya aku ketik jd tadi dah coba trus gak muat

makaksih ya ^^

Muhammad Faldy alsep Ghifari at: February 16, 2016 at 7:01 AM said...

Hallo mba elly,
Salam kenal saya faldy, saya mau tanya sedikit mba mengenai apply visa schengen hehe
jadi begini mba, in case temen saya yg mau apply visa kan udh lulus dan blm bekerja, ada skenario untuk pake surat sponsor dari bokapnya + surat keterangan kerja bokapnya + rekening koran/slip gaji bokapnya, kalo begitu bisa gak mba?
terus harus ngelampirin rekening doi sendiri juga gak?

Terima kasih

faldyghifari at: February 16, 2016 at 7:23 AM said...
This comment has been removed by a blog administrator.
elly kusnadi at: February 16, 2016 at 3:21 PM said...

Halo faldy,

Kayaknya kalo kasus temenmu gitu ga perlu rekening dia, cukup rekening orang tua deh fal. jaga2 bawa akta lahir sama kartu keluarga juga fal. intinya sih kedutaan ngeliat dokumen valid dan bisa meyakinkan kalau kita ke sana itu adalah mampu dan ga ada niat buat stay di sana cari kerja (ilegal) :D gitu :D hehehe

Happy applying!

Kiki at: March 3, 2016 at 7:46 AM said...

Hi Elly,

Aku mau tanya dong, aku kan PP lewat Belanda, rencananya 2 hari pertama di Belanda, kemudian lanjut ke 2 negara lain, baru balik lagi ke Belanda 3 hari sebelum kepulangan. Itu ga jadi masalah kan ya pas ngajuin visa? Kalo case-nya kyk gini, gimana cara ngisi form itinerary perjalanannya ya?

Thanks!

elly kusnadi at: March 3, 2016 at 10:29 AM said...

ga jadi masalah kok ki, justru itu malah kuat banget buktinya, cukup tiket PP belanda, trus itinnya cuma ditulis doank negara tujuan dan lama hari aja...

di kasus kamu brarti cukup di isi (contoh)
1. Belanda : 5 hari
2. Paris : ... hari
3. belgia : ... hari

selama tiket PP di belanda dan lama hari di belanda ditulis paling lama, no problemo :D

Goodluck kiki!

Aprillia Kartikasari at: March 3, 2016 at 8:18 PM said...

Hi mba elly,

Mau tanya dong, kalo aku statusnya housewife dan travelling sama suamiku. Cukup kasi rekening suami aja atau harus rekening aku juga ya? Trs kalo pake rekening suami, apa perlu surat sponsor juga?

Thank youu mba

elly kusnadi at: March 3, 2016 at 8:23 PM said...

Hi april. Cukup kok rek suami aja.. asal suami megang surat keterangan dr kantor/siup dan ada dokumen yg menunjukkan kalian suami/istri :D

Coba tengok ke web kedutaan belanda pril.. buat referensi... siapa tau ada syarat yg berubah.

Selama dokumen syarat lengkap... aman2 aja kok :D

Selamat jalan2 :)

crazypinkcat at: April 11, 2016 at 8:35 PM said...

Hi mba pertanyaan ku sama kek galuh kalo nulis destinasi tp kolom ga muat gimana ya?

Terimakasih

Lovely S Samola at: April 14, 2016 at 8:44 PM said...

Halo mba elly. Perkenalkan nama saya Cindy. Saya rencana brngkat dri jkt ke belgia tgl 20 agustus 2016. Sy ada bbrp prtnyaan :
1. Sy dapat surat dri sponsor di belgia. Apakah sy masi harus bayar asuransi sprri axa?

2. Sy bru slesai kuliah oktober 2015 belum kerja smpai detik ini hehe. Saya hrus lampirkan sirat apaan mba?

3. Merujuk ke prtnyaan 1 apakah saya harus melampjrkan print buku tabungan?

4. Rencanx stay 2 bulan mba. Kira dapat g ya mba visax? Dan planingx kebnyakn di belgia mba. Mkin visit belanda dan prancis beberpa hari. Tp bloom booking hotelx. Itu gmn mba?

Maaf merepotkan dgn pertnyaanx. Maakasih bnyak sebelumx mba. :)

elly kusnadi at: April 15, 2016 at 9:38 AM said...

Hai Cindy,
1. Untuk asuransi sepertinya itu tetap syarat utama cyn. Gampang kok, bisa beli online cin. di axa schengen, nanti tinggal masukin tujuan sama brapa lama stay, sama axa nya nanti dicarikan asuransi yg paling suitable :)

2. Surat keterangan kalau cindy kuliah, minta ke TU fakultas atau administrasi cyn. isinya bisa menginformasikan kalau cindy sedang kuliah semester berapa di fakultas apa dan universitas apa. sama surat izin dari orang tua kalau ga salah

3. tergantung surat sponsor kamu bentuknya apa. Kalau dari instansi, pastikan ada pernyataan dari instansi kalau semua biaya kamu selama di eropa akan ditanggung instansi. Kalau surat sponsor dari perorangan, butuh fotocopy paspor dan rekening 3 bulan terakhir sama surat keterangan kerja dari yang memberi sponsor. Kalau cindy ada buku tabungan untuk jaga2 bagusnya diprint sih, atau buku tabungan ortu juga boleh.

4. Saya kurang tau apakah ada visa yang berlaku lebih dari 30 hari, yang saya tau berlaku maks untuk 30 hari, mungkin sebelum hari ke 30, bisa ke KBRI di eropa untuk perpanjang visa. Umumnya sih seperti itu cin.

Selama ada plan jelas tinggal dimana, kamu coba book di tiga negara itu penginapan yang bisa cancel reservation, jadi sewaktu2 kamu ga mau jadi nginep situ, bisa dicancel tanpa kena charged, setelah kamu dapet visa kamu :) coba booking.com :)

Happy jalan-jalan cindy :)

Lovely S Samola at: April 15, 2016 at 1:35 PM said...

Mba elly makasi bnyak mba. Responx cepat bgt ^-^

Hehe. Mba pertanx point 2 ( sy sudah selesai kuliah mba) itu gmn? Sy g bisa ambil dri kmpus mba. Kan status sy alumni. Klo surat izin orangtua ada contohx kah? Atau buat sendri pake metrai gitu mba ya mba. Maaf mba bnyak tnya :)

elly kusnadi at: April 15, 2016 at 2:10 PM said...

Halo cindy,

hehehe maap salah baca, kirain baru mau lulus nanti oktober :D Hmm... surat keterangan orang tua saja, yang menyatakan kalau orang tua mengizinkan kamu di eropa selama n hari , berangkat tanggal .... s/d tanggal pulang... dan menyatakan tujuannya, misal : untuk liburan.

aku juga ga tau nih kuat apa engga ya... sebenarnya kedutaan butuh surat pernyataan yang menyatakan kalo kita ga akan ke sana dan mencari kerja, dan pasti kembali ke indonesia. Hmm... ato mungkin surat dari RT/RW ya, minta surat keterangan gitu. Ato cindy mungkin bisa tanya ke kedutaan dulu sin... untuk kondisi cindy...

maaf aku kurang tau kalo untuk kasus seperti ini :D

Lovely S Samola at: April 15, 2016 at 7:31 PM said...

Makasi bnyak mba elly atas infox ^^
Doakan dapat ya mba :)

Rahayu Yuni at: May 30, 2016 at 10:38 AM said...

Mbak mohon infonya tentang cara pengisian Formulir Visa Schengen untuk Family trip.
Suami saya sdh daftar janji ke Kedutaan Belanda untuk pembuatan Visa, rencana yg berangkat adalah Suami, saya, anak (4th), bayi (9 bl).
Formulir aplikasi visa diisi masing2 ya? anak dan bayi juga formulir sendiri?
untuk pertanyaan no 10 saya isi apa?
"In the case of minors: Surname, first name, address (if different from applicant's) and nationality of parental authority/legal guardian"

Anonymous at: May 31, 2016 at 8:38 PM said...

malam mba Elly ...maaf mau tanya utk interview permohonan visa yg ditanyain apa aj y mba . Makasiii sblmnya :)

Anonymous at: February 21, 2017 at 4:05 PM said...

Dear Mba Elly..
Mohon infonya dong, kalau berpergian ke Eropa dengan orang tua yang sudah pensiun, saya harus sertakan apa ya mba?? secara gak ada refrensi dr kantor kan..

Post a Comment