August 27, 2015

Jalan - jalan di Barcelona : Nengok Messi di Camp Nou!


Item!
Hola!

Hari ini mari kita mengenang perjalanan saya ke Stadion Bola Camp Nou, markasnya Barcelona FC. Saya bukan fans persepakbolaan Spanyol apalagi Barcelona. Alasan ke sini cuma karena pengen tau aja kayak apa Stadion club besar dan again, for the sake of feeling what my favorite Football players experience. Kayak, Oh ini feeling yang Juan Mata rasain pas tanding di Camp Nou. the air, the heat, the atmosphere. Hehe. 

Oh alasan lainnya, pengen bikin temen saya yang fans berat Barcelona iri sih, karena saya juga iri berat sama dia yang jago bahasa jerman dan pernah tinggal di Austria. Huh. *peace!.


So, Where is this Camp Nou Stadium ?

Jarak tempuh Sagrada Familia ke Camp nou, kurang lebih 6 KM. 

Terus gimana caranya ke sana?

Sebenernya bisa macem-macem. Jalan juga bisa kalo mau. Bisa taksi juga kalo kaya, bisa juga pake trem atau Metro. Tapi waktu itu, saya terlalu lelah buat jalan 6 KM, dan terlalu kere buat sewa taksi. jadi pilihannya trem dan Metro/Subway. 

Waktu itu yang paling gampang dipelajari dan deket tempat pemberhentiannya cuma si Metro, jadi saya memutuskan untuk naik Metro. 

Sagrada Familia dilalui oleh jalur L5 atau L2 ( Stasiun Sagrada Familia), sedangkan Metro tempat menuju camp nou hanya dilewati oleh lajur L3 (stasiun Les Corst atau Maria Cristina). Jadi, ambilah tujuan ke tempat dimana ada tempat buat transit ke L3.
Penampakan metro station di barca

Waktu itu saya mengambil jalur metro L5 (Cornella Centre - Horta), yang ke arah Cornella. Kemudian transit L3 di stasiun Sans Estacio. dari Sans Estacio saya lanjut dengan metro L3 (Zona Universitaria - Canyelles) ke arah Zona Universitaria, lalu saya turun di Stasiun Les Corst. Dari les corst tinggal jalan aja menyelusuri daerah situ. 

Hospitality tingkat tinggi saya temui lagi di perjalanan dari Metro L3. Saya sedang liat-liat peta Metro di pintu Metro, ngapalin nama stasiun, tiba-tiba ada kakek-kakek nyolek saya dan again ngajak ngobrol pake bahasa catalan. What's with me and old people with catalan?. Lagi-lagi saya mengira-ngira kayaknya si kakek nanya saya mau kemana, saya bilang mau ke Camp Nou. 

Terus kayaknya emang faktor muka yang keliatan nyasar paling ya, dia ngira saya nyasar. Berulang-ulang dia nyebut les corts, tapi pelafalannya baru saya pahami setelah si kakek bilang ke tiga kalinya. Heuheu. Terus kita ngobrol pake 2 bahasa yang berbeda, sampai si kakek gak lama mau turun, dia nyolek mas-mas spanyol bersahaja dan ngomong bahasa catalan trus nunjuk-nujuk saya dan mas nya senyum-senyum. 

Kali ini gak mo GR dijodoh-jodohin, saya senyumin si mas, dan si kakek pamit sambil bicara bahasa catalan dan pamit juga ke si mas. Abis itu si mas nya ngomong pake bahasa inggris, "He wants me to make sure you stop in Les Corts". Gwe cuma senyum dan gracias-gracias an heuhue. Sayang les corst cuma bentar doang sampe, jadilah saya harus pamit ke si mas. Dadah mas syahdu. 

Itu di deket camp nou, ada peradaban gak sih? Kok jauh beud!
Les Corts, kek mega kuningannya jakarta yak :D

Daerah tempat saya turun dari Les Corts stasiun, lebih mirip ke daerah bisnisnya Barcelona. Terik, Luas, jalanan gak padat, sedikit manusia yang tampak dan jalanannya besar-besar sedangkan untuk nyebrang, gak ada jembatan penyebrangan, cuma zebra cross yang berasa jauh banget nyebrangnya. Hosh!

yang unik lagi dan saya baru sadar, jalanan besar di sana lurus dan nyerong bentuknya, jadi tata gedung yang mengikuti jalan utama, jadi nyerong juga. Heuheu. Keadaan masih sama, sepi dan terik sampai saya sampai di arah menuju ke Camp Nou. 

Memasuki Camp Nou, suasana perkantoran berubah sedikit menjadi seperti suasana memasuki daerah perumahan semi industri. Hmm, gimana ya gambarinnya. kayak masuk ke perumahan tapi rumahnya ga padet dan banyak banget taman luas sama lapangan luas yang gak tau gunanya buat apa. Daerahh stadion Camp Nou ini beda banget sama GBK. Kalau GBK di pusat Kota, Camp Nou ini kayaknya sengaja ditaro di Remote area. Sepi total pas gak ada match, tapi mungkin rame dan penuh ketika ada match. Superb! biar ga ada macet-macetan ganggu penduduk lain kali ya. 

Dan ketika gwe menyambangi 2 stadion besar lainnya, juga sama. Semua stadion ada di remote area dan cenderung sepi dari pemukiman warga apalagi perkantoran. 

Ini dia gambaran sekitaran camp nou
Tadaaa! sampai juga di Camp Nou, waktu itu gak begitu rame pengunjung. Sempet bingung juga cari pintu masuk. Since Sepi banget!. Saya cuma ikutin beberapa turis yang juga kayaknya mau ke sana. Sampai di pintu masuk, bebas-bebas aja sih masuk. keliatan pintu masuk stadion dan gedung perkantoran stadium lalu ada juga museumnya. Untuk masuk ke dalam stadion dan museum, ada ditarik bayaran juga. saya? tidak masuk lah. Bukan fans juga, foto di depan stadion aja udah cukup. Hehe. 

Gedung stadionnya
Groupies? Ga tau hehe :D tapi banyak kek mahasiswa2 gitu nongkrong
Pintu masuk
Tempat beli tiket
Capek ngelilingin Camp Nou dan GAK ketemu Messi. Saya pun menyudahi kunjungan di Markas besar FC Barcelona dan kalo liat google, Camp Nou ini stadion ketiga terbesar di dunia. 

Oh nemu info sedikit buat yang mau ke Camp Nou dan malas googling while baca postingan ini : 

Address : 
Barcelona FC
Aristides Maillol,
entrance no 7
08028 Barcelona, EspaƱa.

Opening hours:  02 April - 07 October: 10:00 - 20:00; 08 October - 01 April: 10:00 - 18:30; Sundays and holidays: 10:00 - 14:30

Admission price:
Adults:  €23.00 
Child:  €17.00

While remembering Metro Map di sana, saya nemu printable Barcelona Metro Map nih. Click & save here

Sekian perjalanan di rumah salah satu klub terbesar Eropa. Mudah-mudahan next time ke sini bisa buat liat pertandingan yang ada Juan Mata nya *subjektif. Bahahaha!

Oh iya, inget Willy? si Dokter yang lagi ada acara kantornya dan ketemu di Sagrada Familia. Besoknya dia posting foto di dalem Camp Nou lah, Kamfs! bikin iri! Rejeki anak itu lagi-lagi, bagus!
*peacewill

Udah ah. Adeu!










1 comments:

Hanggono Okamura Silitonga at: September 4, 2015 at 10:04 PM said...

akh, solo travelling yah ? mengagumkan !

Post a Comment