August 19, 2015

Jalan - jalan di Bandung : Akhirnya ke Tebing Keraton


*Kibas-kipas kemoceng*

Akhirnya saya kembali! Setelah melihat postingan terakhir blog ini 2 tahun lalu, hiks, Miris!. Semoga rumah baru dan semangat baru impact dari pengangguran since June 2015 ini akan kembali memeriahkan dunia per-blog-an Indonesia. 

Kesiangan Sunrisenya!

Kemana aja neng??

Di sini aja kok! Di Cikarang masih, tapi cuma ngabisin masa berakhirnya kosan sampe akhir agustus ini, Hiks!. Banyak hal selama blog ini gak terurus. Dari masih-tetep-traveling-tapi-males-posting, sampe saya dipaksa resign dari perusahaan yang selama ini menjadi donatur utama jalan-jalan saya. Perasaan jadi pengangguran dan nyari kerja di usia renta gini, mixed up!. Berasa kayak jaman-jaman lulus dari Kuliah terus bingung sama masa depan. Bedanya, dulu gak pake bingung sama batasan umur, heu!. 


*Jadicurhat. Hehe. Semoga dengan kembali menulis di sini, bisa jadi awal mula kembalinya semangat di semua-muanya. 

Beberapa waktu setelah pemecatan eh pe-resign-an massal, saya yang tidak terbiasa dengan status menganggur, sempet down, bingung, dan hilang semangat ngapa-ngapain. Hari-hari  yang biasanya diisi sama "bekerja" sembari merencanakan pelesir kemana, berubah jadi ke update CV, filterig kerjaan di jobstreet dan apply-apply seadanya. Rutinitas malesin kayak gitu, bikin gak ngeh sama hari libur nasional. Tau-tau aja masuk ke weekend yang ternyata ada bonus Hari Kemerdekaan. 

di Tahun-tahun lalu, biasanya setiap ada libur Nasional, saya tidak pernah tidak punya tiket entah kemana, tapi kali ini, ingat Hari libur nasional saja, saya sulit! 

Gak mau bengong-bengong aja ngurusin CV, saya bersama rekan seperjalanan memutuskan untuk akhirnya Mengejar Sunrise ke Tebing Keraton, Bandung. Setelah beberapa kali ke Bandung dan selalu luput, akhirnya si Tebing Keraton berhasil juga kami kunjungi. 

Tempat foto-foto yang mulai ngehits di pertengahan 2014 ini emang udah banyak beredar dimana-mana sih. Jadi mungkin buat yang ngarep kalo si tebing ini sepi dan syahdu tapi cuma punya weekend buat ke sana, siap-siap dikecewakan sama banyaknya manusia di spot ini. Walaupun padedet sama manusia, tetep kok di tempat ini, kalian bisa feel the universe whispering *Tsaah. Luasnya hamparan Tama Hutan Raya Ir. Juanda, will distract those flock of  human with tongsis. 

Kapan sih waktu yang tepat buat syahdu-syahduan di Tebing Keraton? 

Bisa dinikmati kapan aja sih si Tebing keraton, karena udara di atas walaupun terik, tapi angin tetap berhembus ringan. Best time nya kalau kata orang-orang bisa Sunrise atau Sunset. Saya kemarin memutuskan untuk berangkat subuh karena obsesi melihat Hutan Raya Juanda diselimuti kabut selagi menyambut matahari terbit dari arah berlawanan. Superb!


Bunga di tepi jalan
Sunrise dari arah berlawanan sama si Lembah Hutan Raya

Kalau males bangun subuh dan dingin-dinginan, bisa juga ke sini di Sore hari, watching the sunset. Kalau moment Sunrise kemarin banyak banget orang, saya gak tahu segimana banyak orang pas Sunset. 

Transport ke sana susah? Ada angkot gak?

Untuk transport ke sana, bisa pakai kendaraan umum. Cari aja angkot/bis yang ada jurusan ke Dago. nanti bakal berhenti di terminal Dago, dari terminal Dago, bisa jalan ke Jl. Dago Pakar, tempat Tahura (Taman Hutan Raya Juanda). dari situ gak ada angkot, kalian terpaksa harus ngojek. 

Lebih nyaman sih pake kendaraan pribadi. Mobil bisa, tapi saran saya lebih baik motor. Karena dari parkiran mobil ke Tebing masih jauh banget dan nanjak! 

Rute gimana ? 

Kalian temuin aja Taman Hutan Raya di Dago Pakar, letaknya dari terminal dago masih ke atas sedikit kemudian belok kiri di jalan yang ada gapura Taman Hutan Raya Ir. H Juanda nya. 

Dari Tahura, terus saja ikutin jalan, nanti juga ketemu sama papan "Tebing Keraton" hehehe. Jalannya gak bercabang-cabang dan Aspalan yang kadang-kadang makadam plus debuan. 

Kalau yang gak punya motor, dan maunya mobilan aja. Jarak parkir mobil ke Pintu masuk tebing, agak jauh. Bisa jalan tapi kayaknya bakal lama banget. Saran saya, kalau sampai di Tahura lewat dari jam 5 subuh, mending ngojek aja dari parkiran mobil ke pintu masuk tebing.

Buat yang biasa ngandelin GPS, bisa pake koordinat dari blog ini :  -6.8351800, 107.6634118

Biaya masuk berapaan ya?

Biaya masuk 11.000 IDR untuk turis domestik, 76.000 IDR untuk wisatawan asing, Parkir motor 5.000 IDR dan parkir mobil 10.000 IDR.

Ada peradaban gak sih di deket Tebing? 

Bahahaha, sebelum ke sini, saya pikir di tebing keraton itu cuma tebing aja, gak ada penghuninya. Ternyata sejalanan ke arah Tebing itu adalah pedesaan. Sepanjang jalan persis pemandangannya kayak kalau kita mau ke bukit Moko atau pas mau ke Sikunir di Dieng. 

Nyampe di atas, ada warung-warung kopi, indomie rebus dan nasi kuning kok. Toilet dan rumah warga juga ada. No Worries!

Cukup info guys? Semoga membantu :)

Jalan-jalan cimik kemarin lumayan brings back memories dan ke hype-an dunia pertravelling-an yang mayan lama saya tinggalkan. Kangen juga getting lost, ngerasa asing di tempat orang, muka tembok sksd sama orang asing demi ga nyasar, ngobrol random sama stranger senemunya di jalan.

Semoga rejeki saya ditambahkan biar bisa merajut kembali *tsaah mimpi keliling negara-negara di dunia for the sake of experience and feeling. *Aamiin.

Sekian reporting pembuka kembali magicaelly di rumah baru nya :) Semoga gak lupa perpanjang domain hehe.

Happy living!


6 comments:

Jalan2 Liburan at: August 20, 2015 at 1:47 AM said...

yakkk sukses jadi anak kekinian ha ha ha

→ Jalan2Liburan

Mira Afianti at: August 20, 2015 at 11:04 AM said...

asikkkkkk selamat datang mbak!

Chocky Sihombing at: August 23, 2015 at 9:14 PM said...

Welcome back mak Elly!! :D

komennya :
1. usia renta? *baru inget kamu sudah beberapa ratus tahun umurnya*
2. human with tongsis, somehow mengganggu juga ya.. hahaha... emang rame banget kalo weekend ke sana, kek pasar xD

elly kusnadi at: August 25, 2015 at 1:21 PM said...

hai semuaaa! *dadahdadah*

Matur suwun sudah mampir di blog hantu ini *terharu*

@Jalan2liburan : Bahahaha iya sakses jeng akhirnya :p

@Mira : Hai adek kece, blog mu yg inspirasi saya juga :p

@Chocky : Bang, liburan lagi yu bang! Biar ga keliatan renta!

elly kusnadi at: August 25, 2015 at 2:29 PM said...

hai semuaaa! *dadahdadah*

Matur suwun sudah mampir di blog hantu ini *terharu*

@Jalan2liburan : Bahahaha iya sakses jeng akhirnya :p

@Mira : Hai adek kece, blog mu yg inspirasi saya juga :p

@Chocky : Bang, liburan lagi yu bang! Biar ga keliatan renta!

Anonymous at: August 25, 2015 at 5:06 PM said...

Cieee cieeee

Post a Comment